Arsip Berita

Akhiri Masa Pengabdian, Hj. Kamaliah: Saya Pamit

DSC 0339

Lombok Timur ǀ www.pa-selong.go.id

Sabtu (24/12/2022), Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas I B menggelar acara Purnabakti Hj. Kamaliah, S.H. (Panitera Pengganti PA Selong) dan dirangkaikan dengan acara Family Gathering Keluarga Besar PA Selong.

Bertempat di Pantai Maik Anyir, Desa Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, serangkaian acara tersebut dimulai tepat pukul 10.00 WITA. Langit yang agak mendung dan diiringi deburan ombak menggambarkan perasaan perempuan yang berkarir sebagai Panitera Pengganti itu saat menyampaikan pidato perpisahan.

DSC 0239

“Hari ini, genap 30 tahun 10 bulan saya mengabdi di Mahkamah Agung. Saya memulai karir sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di PA Sumbawa Besar sejak tahun 1993 sampai dengan 1997. Kemudian, saya pindah ke PA Praya tahun 1997 sampai dengan tahun 2016. Dan, sejak Mei 2016 sampai hari ini saya mengakhiri masa pengabdian saya di PA Selong”, ucapnya dengan mata yang berkaca-kaca.

Mengakhiri masa pengabdian di PA Selong, baginya, merupakan sebuah kebahagiaan yang patut untuk disyukuri. Dalam waktu 6 tahun, beliau sangat merasakan kehangatan dan kuatnya kekeluargaan yang terjalin di PA Selong.

“Disini, saya merasa dengan ketua, wakil, seluruh pejabat dan staf itu sudah seperti saudara sendiri. Bapak ibu, dengan adanya purnabakti ini, maka izinkanlah saya pamit. Jika selama saya melaksanakan tugas di PA Selong, bergaul dan berinteraksi dengan bapak ibu semua, mohon kiranya saya dimaafkan jika ada salah dan khilaf baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja yang saya lakukan. Terimakasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan untuk seluruh keluarga besar PA Selong atas semua kebaikan dan bantuan yang diberikan kepada saya selama ini. Doakan kami, bapak ibu. Semoga setelah masa purnabakti ini, saya dan suami serta keluarga senantiasa di berikan nikmat sehat, limpahan rahmat dan kasih sayangNya,” ucapnya.

Panitera PA Selong, H. Khairil Anwar, S.H., M.H. yang didaulat menyampaikan pesan dan kesan atas nama Keluarga Besar PA Selong memuji Hj. Kamaliah, S.H. sebagai sosok panitera pengganti yang bertanggung jawab.

DSC 0250

“Orang tua kita ini adalah sosok yang bertanggung jawab. Selama 6 tahun, beliau menempuh jarak sekitar 20 kilometer untuk menunaikan tugas dan tanggung jawabnya di PA Selong. Bahkan saat hujan pun, tidak menjadi alasan bagi beliau untuk tidak masuk kantor. Beliau ini salah satu Panitera Pengganti terbaik yang dimiliki PA Selong. Bagaimana tidak? Beliau tidak akan pulang sebelum semua BAS diselesaikan dan diupload di hari sidangnya. Sebuah tanggung jawab yang sangat besar yang dapat menjadi teladan bagi kita semua,” pujinya.

Pesan kami, ditambahkannya, setelah masa pengabdian ini selesai, keluarlah dengan membawa nama baik PA Selong. Berbagilah cerita tentang hal-hal baik yang ada di PA Selong.

Di samping itu, pujian yang sama datang dari Ketua PA Selong. Walaupun terhitung baru beberapa minggu berinteraksi, namun orang nomor satu di pengadilan yang wilayah hukumnya mencakup seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur itu turut mengapresiasi kinerja Hj. Kamaliah, S.H..

DSC 0258

“Saya pribadi baru 2 minggu bertemu dengan saudara kita, rekan kita, ibunda kita, yaitu Ibu Hj. Kamaliah. Dalam waktu yang sesingkat itu, saya melihat beliau ini unik. Ada sesuatu yang unik dalam diri beliau sehingga memberikan kesenangan, kebahagiaan bagi orang lain di sekitarnya. Seperti tidak ada masalah, sesuatu yang rumit itu seperti menjadi ringan dan mudah-mudah saja. Dengan masa bakti pengabdian selama 30 tahun 10 bulan, merupakan waktu yang tidaklah singkat. Kami ucapkan selamat purnabakti ibu, terimakasih untuk dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan untuk PA Selong. Semoga ibu, suami, dan keluarga selalu dalam lindungan Allah S.W.T,” ungkap Ketua PA Selong.

“Sebaik apapun cara berpamitan, perpisahan tetaplah menyakitkan.”

Terimakasih kepada Ibunda Hj. Kamaliah, S.H. atas waktu, dedikasi, dan kontribusi selama 2.190 hari untuk Pegadilan Agama Selong. (gita)