pratinjau

 

PROFILE PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat Profile, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong
e-court, Daftar dan berperkara jadi lebih mudah

on . Hits: 80

GUGATAN WARIS BANJIRI PENGADILAN AGAMA SELONG

Gambar : Kondisi Persidangan di Pengadilan Agama Selong (masa normal)

Lombok Timur | www.pa-selong.go.id

Bertahun-tahun, Pengadilan Agama Selong selalu diidentikan dengan pengadilan agama dengan perkara kebendaan yang melimpah. Sampai saat ini pun kondisi seperti masih terus berlangsung.

Dari data kepaniteraan Pengadilan Agama Selong pada Rabu (8/7), sejak awal tahun sampai akhir Juni tahun ini, Pengadilan Agama Selong menerima perkara kebendaan (Zaken recht) sebanyak 34 perkara, terdiri dari 26 perkara gugatan waris dan 8 perkara gugatan harta bersama.

“Istimewanya perkara-perkara gugatan waris yang ada di PA Selong ini, para pihaknya sampai puluhan” ujar Mesnawi SH, Panitera PA Selong. Menurutnya karena banyaknya pihak yang terlibat dalam perkara gugatan waris ini, mediasipun memakai mushala PA Selong.

Gambar : Kondisi Persidangan di Pengadilan Agama Selong (masa normal)

Sementara itu, Drs. Hamzanwadi, MH salah satu Ketua Majelis dan sekaligus Humas PA Selong, memaparkan bahwa hakim-hakim di Pengadilan Agama Selong kerapsekali bekerja sampai larut malam dalam rangka membuat putusan gugatan waris dan harta bersama, “Kami sudah terbiasa pulang jam kerja lewat waktu magrib, karena terkejar deadline pembuatan putusan”, terangnya. “PA Selong memang pantas menjadi pilot project atau percontohan pengadilan agama dalam menangani perkara kebendaan”, imbuhnya.

Dari sisi sosiologis, tingginya angka gugatan ini salah satunya didasari adanya fakta di tengah-tengah masyarakat Lombok timur yang memegang kuat adat istiadat dalam membagi harta dari orang tua, namun di sisi lain terdapat pihak-pihak yang merasa dirugikan. (pa/tsbit)

 

 

IKUTI KAMI DI MEDIA SOSIAL

fb hitam pa.png   logo insta hitam pa.png   youtube hitam pa.png

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Ikuti kami di media sosial