pratinjau

 

PROFILE PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat Profile, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong
e-court, Daftar dan berperkara jadi lebih mudah

on . Hits: 264

Perkenalan Ketua PA Selong Yang Baru

rifai pisah sambut1

Ketua PA Selong menyampaikan pidato perkenalan, Jumat pagi (13/3/2020)

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Ahmad Rifa’i, S.Ag., MHI. dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Mataram, Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., menjadi Ketua Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas I B, bertempat di aula PTA Mataram, Kamis (12/3/2020).

Sehari kemudian, Jumat pagi (13/3/2020), Ketua PA Selong yang baru menyampaikan pidato perkenalan dalam acara “Pisah Sambut Ketua PA Selong” di hadapan keluarga besar pengadilan yang wilayah hukumnya mencakup seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur itu.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, antara lain, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Selong, Pengurus dan Anggota Dharmayukti Karini Cabang Selong, Kepala BRI Cabang Selong dan Kepala Kantor Pos Cabang Selong. 

“Saya sudah tidak asing dengan PA Selong, karena saya pernah tugas di sini. Baru sekitar bulan Oktober 2016, saya dilepas dari PA Selong untuk melanjutkan pengabdian sebagai wakil ketua PA Dompu, lalu pindah menjadi wakil ketua PA Karangasem. Setelah itu pindah menjadi ketua PA Takalar Sulawesi Selatan, kemudian menjadi wakil ketua PA Bima, dan sekarang dikembalikan lagi ke PA Selong,” kata suami Ernawati itu.

Ditambahkannya, selama 23 tahun mengabdi di lembaga peradilan, Ahmad Rifa’i, S.Ag., MHI. hanya 4 tahun bertugas di luar wilayah PTA Mataram, yaitu di Paniai Papua (September 2007 – September 2010), PA Wates Yogyakarta (Agustus 2013 – Februari 2014) dan PA Takalar Sulawesi Selatan (Agustus 2018 – Juni 2019).

“Selebihnya saya diputar-putar di wilayah PTA Mataram, mulai dari PA Tabanan, PA Klungkung, PTA Mataram, PA Giri Menang, PA Selong, PA Dompu, PA Karangasem dan PA Bima,” ujarnya.

rifai pisah sambut

Hadirin menyimak pidato Ketua PA Selong

Lebih lanjut, mantan Wakil Ketua PA Bima itu menceritakan kenangan saat pertama kali masuk PA Selong bulan Februari 2014. Mulai dari hakim paling yunior sampai menjadi hakim paling senior.

“Awalnya dulu saya sempat nervous ketika masuk pertama kali di PA Selong. Karena PA Selong ini berada di Kabupaten Lombok Timur yang jumlah penduduknya mencapai 1,2 juta, paling banyak dibandingkan kabupaten/kota lain di NTB. Jumlah banyak itu menyumbangkan banyak perkara di PA Selong,” jelasnya.

Selain banyak, Ahmad Rifa’i, S.Ag., MHI. mengakui perkara PA Selong juga berat. Banyak perkara-perkara kebendaan, seperti gugatan waris, gugatan harta bersama, gugatan hibah dan gugatan wakaf.

“Akibatnya, kalau pegawai-pegawai yang lain pulang kantor jam 16.30 WITA. Maka, hakim-hakim PA Selong biasa pulang sampai malam. Biasa ngonsep putusan sampai dini hari, bahkan sampai terdengar shalawat tarhim di masjid-masjid jelang shubuh. Seperti itu tradisi di PA Selong dari dulu. Dan itu belum pernah saya temukan di pengadilan lain,” tuturnya.

Alumni S-1 Fakultas Syariah Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor dan S-2 Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram itu mohon agar diterima kembali menjadi bagian dari keluarga besar PA Selong. Kepada para pegawai, ia mengajak untuk bekerja sama, bahu-membahu demi memajukan PA Selong.

“Apa yang harus dikerjakan, mari kita kerjakan. Yang tidak tahu, mari saling bertanya. Jangan meraba-raba. Takutnya salah yang diraba,” pintanya.

rifai ketua3

Foto saat serah terima jabatan Ketua PA Selong di aula PTA Mataram, Kamis (12/3/2020)

Di bagian akhir pidatonya, Ahmad Rifa’i, S.Ag., MHI. yang lahir di Praya, 28 Agustus 1971 itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas apa yang dilakukan Drs. H. Gunawan, MH. selama satu tahun lebih memimpin PA Selong.

“Bapak telah meletakkan dasar-dasar yang baik bagi PA Selong. Disebutkan dalam syair Abu Bakar bin Duraid, innamal mar’u haditsun ba’dahu, fakun haditsan hasanan liman wa’aa. Seseorang itu akan menjadi bahan perbincangan (cerita) bagi orang-orang sesudahnya. Oleh sebab itu, (lakukan yang terbaik, dengan begitu Anda) akan menjadi bahan perbincangan yang baik bagi siapa saja yang sadar. Nah, Bapak sudah melakukan yang terbaik di sini, Bapak sudah membuat sejarah di sini,” tegasnya.

Ketua PA Selong yang baru mengajak seluruh pegawai untuk menjaga nama baik Drs. H. Gunawan, MH. dan menjaga karya yang sudah ditorehkannya untuk PA Selong dengan cara bekerja sungguh-sungguh, disiplin, saling bekerja sama, saling menolong, gotong royong dan ikhlas. (samyad)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.