pratinjau

 

WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SELONG
PROFIL PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat profil, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong
e-court, Daftar dan berperkara jadi lebih mudah

on . Hits: 92

Ketua PA Selong Pimpin Rapat Koordinasi Eksekusi

rakor eksekusi pa

Ketua PA Selong memimpin rapat koordinasi eksekusi, Rabu (11/3/2020)

Rabu (11/3/2020), Ketua Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas I B, Drs. H. Gunawan, MH. memimpin rapat koordinasi eksekusi dalam perkara Nomor 1071/Pdt.G/2016/PA.Sel yang dikuatkan Putusan Pengadilan Tinggi Agama Mataram Nomor 30/Pdt.G/2017/PTA.Mtr dan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 9 K/AG/2018.

Putusan tersebut tentang Perlawanan Eksekusi terhadap Putusan Pengadilan Agama Selong Nomor 1052/Pdt.G/2014/PA.Sel, Putusan Pengadilan Tinggi Agama Mataram Nomor 0069/Pdt.G/2015/PTA.Mtr dan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 77 K/AG/2016.

“Perkara ini mengenai gugatan waris. Awalnya mau dieksekusi pada tahun 2016 setelah perkara berkekuatan hukum tetap, tetapi saat itu masuk perkara perlawanan eksekusi. Barulah sekarang mau dieksekusi,” kata Ketua PA Selong seusai rapat koordinasi.

Hadir dalam rapat koordinasi itu, antara lain, kepala desa tempat obyek sengketa berada, juru ukur dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), Polisi Masyarakat (Polmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

“Dengan rapat koordinasi, kami dapat mendengar informasi dari kepala desa, Polmas dan Babinsa mengenai kondisi di lapangan, bagaimana keadaan obyek sengketa, siapa yang menguasai dan bagaimana hubungan antara para pihak. Informasi itu perlu karena perkara ini sudah lama sekali diputus PA Selong, tidak mustahil sudah terjadi perubahan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua PA Selong menjelaskan manfaat yang didapatkan dari rapat koordinasi eksekusi, walaupun itu tidak ada dalam hukum acara perdata.

“Kita perlu mendapatkan informasi dari kepala desa, Polmas dan Babinsa, karena mereka yang lebih tahu keadaan di lapangan, apakah aman atau rawan. Dari situlah kita baru bisa menentukan sikap. Kalau kita langsung turun ke lapangan tanpa didahului oleh rapat koordinasi maka seperti perang tanpa perencanaan,” tegas Ketua PA Selong kelahiran Ganra Soppeng Sulawesi Selatan itu.

PA Selong, tambahnya, memasukkan rapat koordinasi lintas sektoral ke dalam standar operasional prosedur (SOP) eksekusi. Beberapa hari sebelum pelaksanaan eksekusi, pihak-pihak yang terlibat dalam eksekusi diundang dalam rapat koordinasi di ruang ketua PA Selong.

“Selain itu, rapat koordinasi bertujuan untuk menyamakan persepsi sesama pelaksana di lapangan agar tidak berjalan sendiri-sendiri, tetapi mereka harus bekerja di bawah komando eksekutor,” pungkas suami dari Raodhawiyah itu. (flambu)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.