WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SELONG
PROFIL PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat profil, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong

on . Hits: 43

Membentuk Karakter Muslimah yang Tangguh menurut Hakim PA Selong

gowkarakter1

Hakim PA Selong sedang menyampaikan pengajian di Pendopo Wakil Bupati, Jumat (10/5/2019)

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lombok Timur menggelar pertemuan rutin, arisan dan pengajian di Pendopo Wakil Bupati, Jumat (10/5/2019). Pengajian disampaikan oleh Hakim Pengadilan Agama (PA) Selong, H. Moh. Muhibuddin, S.Ag., SH., MSI.

Dalam kesempatan itu, Muhibuddin menguraikan pembahasan bertemakan, “Dengan Ramadhan Kita Bentuk Karakter Muslimah yang Tangguh”.

“Pembentukan karakter itu dilandasi: (1) dzikrullah; dan (2) tafakkur. Di atas keduanya dibangun amal sholih. Itu sesuai dengan Surat Ali Imran Ayat 190-191,” ujar Muhibuddin.

Arti dari Surat Ali Imran Ayat 190-191 itu adalah “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakaan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”.

“Jika diperumpamakan bangunan, pondasinya itu dzikrullah, temboknya tafakkur dan atapnya amal sholih. Jika itu pohon, maka akarnya dzikrullah, batangnya tafakkur dan ranting/buahnya amal sholih,” urainya.

Dzikrullah itu, sambungnya, berpusat di kalbu (hati) dan tafakkur berpusat di akal. Keduanya harus disinergikan dan dilaksanakan secara simultan. Dengan begitu, akan muncul karakter yang tangguh untuk menghadapi tantangan zaman.

gowkarakter2

Ibu-ibu GOW sedang menyimak uraian pengajian

“Dzikrullah itu berupa nilai-nilai spiritual dan Iman Islam. Sedangkan tafakkur diisi dengan pengetahuan modern yang seiring dengan Al-Quran dan Hadits. Dengan begitu, seorang muslimah itu open mind, yaitu dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dengan mengambil nilai-nilai baru namun tetap dalam koridor nilai-nilai Islam dan akhlaq karimah,” pungkasnya. (ahru)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.