WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SELONG
PROFIL PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat profil, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong

on . Hits: 173

Beberapa Hakim dan Pegawai PA Selong Gunakan Hak Pilih di Lombok Timur, Kendatipun Ber-KTP Luar Daerah

pemilu1

Dodi Yudistira dan Mochamad Reza seusai menggunakan hak pilih di TPS 17 Kelurahan Pancor

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Beberapa hakim dan pegawai Pengadilan Agama (PA) Selong menggunakan hak pilih pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 di Lombok Timur, kendatipun mereka bukan penduduk yang mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Lombok Timur atau berasal dari luar daerah. Mereka adalah Dodi Yudistira, S.Ag., MH., H. Fahrurrozi, SHI., MH. dan Mochamad Reza, SH.

Dodi tercatat ber-KTP Ciamis Jawa Barat, Fahrurrozi ber-KTP Pati Jawa Tengah dan Reza ber-KTP Kota Bekasi Jawa Barat. Ketiganya bisa menyalurkan hak politik di Bumi Patuh Karya, karena sebelum pemilu mereka mengurus kepindahan memilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur.

Dodi dan Reza melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 yang berlokasi di TK Hamzanwadi Kelurahan Pancor dan Fahrurrozi di TPS 1 yang berada di belakang Kantor KPU Kabupaten Lombok Timur di Kelurahan Selong.

Kepada Tim PA Selong News, Dodi mengatakan seusai menggunakan hak pilih, Rabu (17/4/2019), bahwa dirinya merasa mempunyai tanggung jawab terhadap Republik tercinta. Karena itu, ia selalu ambil bagian dalam ikut serta menentukan nasib bangsa melalui pemilu.

“Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita gunakan hak pilih. Jangan jadikan tugas di luar daerah sebagai alasan tidak ikut pemilu. Jangan apatis, jangan golput. Luangkanlah waktu ke KPUD untuk mengurus pindah memilih! Satu suara saja sangat berarti,” kata Hakim lulusan Pondok Pesantren Darussalam Gontor itu.

Walaupun sering berpindah-pindah tugas, Dodi tidak pernah melewatkan hak politiknya. Tahun 2004, ia menggunakan hak pilih di Ciamis, tahun 2009 di Bandung Barat, tahun 2014 di Tabanan Bali dan tahun 2019 di Lombok Timur.

pemilu2

Fahrurrozi seusai menyalurkan hak politiknya di TPS 1 Kelurahan Selong

Hal senada juga disampaikan oleh Fahrurrozi. Ia terpanggil untuk berpartisipasi dalam pemilu karena pemilu adalah hajatan nasional yang rutin digelar tiap 5 tahun. Menurutnya, seluruh warga negara di manapun berada dan dalam kondisi apapun harus terlibat untuk menyukseskannya.

“Saya asli dari Pati Jawa Tengah. Biarpun tidak berada di kampung halaman, saya selalu berusaha ikut pemilu. Tahun 2004 dan 2009 saya ikut pemilu di Kairo Mesir, tahun 2014 di Mempawah Kalimantan Barat, dan tahun 2019 ini di Lombok Timur,” kata Hakim yang pernah mengenyam pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Banin Winong Pati.

Fahrurrozi menceritakan, bahwa ia berdomisili di Lombok Timur terhitung sejak akhir bulan Desember 2018. Semula ia telah terdaftar sebagai pemilih di tempat lain. Ia kemudian mendatangi KPU Lombok Timur agar hak pilihnya dipindahkan ke tempat barunya.

Dari KPU Lombok Timur, Fahrurrozi diminta melapor ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) di Kelurahan Selong untuk ditentukan di TPS mana akan melakukan pencoblosan. Namun, dua hari jelang hari pemungutan suara ia belum mendapat surat undangan pencoblosan. Ia lalu melapor ke Ketua RT tempat ia tinggal. Ternyata surat undangan untuknya tidak ada. Akhirnya ia mendatangi PPS, dan surat undangan untuk pemilih yang pindahan ternyata belum dibagikan, dan di situlah baru diserahkan.

“Setiap warga negara harus aktif mengamankan hak pilihnya. Kalau belum terdaftar sebagai pemilih, harus melapor. Kalau pindah tempat memilih juga harus lapor. Jangan pasif, jangan menunggu didatangi petugas, jangan merasa harus dilayani, tetapi berpikirlah apa yang bisa dilakukan agar pemilu sukses,” tandasnya. (ahru)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.