WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SELONG
PROFIL PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat profil, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong

on . Hits: 259

Ratusan Perkara Pengadilan Agama Selong Gunakan Kuasa Hukum

kuasa1

Beberapa surat gugatan yang diajukan kuasa hukum

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Dalam beperkara di pengadilan, para pihak dapat maju sendiri dan dapat pula mewakilkan kepada orang lain yang bertindak sebagai kuasanya. Ketentuan mengenai kebolehan menggunakan kuasa dinyatakan dalam Pasal 147 Ayat (1) R.Bg. / Pasal 123 Ayat (1) HIR yang berbunyi, "Para pihak boleh dibantu atau diwakili oleh orang-orang yang secara khusus dan tertulis diberi kuasa untuk itu, kecuali bila pemberi kuasa hadir sendiri...".

Demikian dikatakan Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas IB, Kasim, SH. kepada Tim PA Selong News, di ruang kerjanya, Selasa (12/3/2019), saat dimintai keterangan terkait banyaknya kuasa hukum yang berpraktik di PA yang wilayah hukumnya mencakup seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur itu.

Berdasarkan Laporan Tahunan PA Selong, sambung Kasim, jumlah perkara yang menggunakan kuasa, baik itu kuasa advokat maupun kuasa insidentil (keluarga) mencapai angka ratusan.

“Pada tahun 2012, yang menggunakan kuasa berjumlah 325 perkara, tahun 2013 berjumlah 376 perkara, tahun 2014 berjumlah 366 perkara, tahun 2015 berjumlah 297, tahun 2016 berjumlah 416 perkara, tahun 2017 berjumlah 338 perkara dan tahun 2018 berjumlah 432 perkara,” paparnya.

Dijelaskan Kasim, dari jumlah kuasa yang dimaksud, sebagian besarnya adalah kuasa hukum atau advokat, dan hanya beberapa saja kuasa insidentil.

kasimmm

Kasim, SH. di ruang kerjanya

Lebih lanjut, alumnus Universitas Islam Al-Azhar Mataram itu mengatakan bahwa advokat yang praktik di PA Selong berasal dari organisasi yang bermacam-macam, seperti Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dan Kongres Advokat Indonesia (KAI).

“Selain itu, mereka berasal dari berbagai daerah. Tidak hanya dari wilayah Lombok Timur saja. Ada yang dari Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Bahkan pernah juga perkara peninjauan kembali, advokatnya dari Jakarta,” ujarnya.

Kasim menambahkan, perkara yang menggunakan jasa advokat tidak terbatas dalam perkara-perkara kebendaan seperti gugatan waris, gugatan harta bersama, pembatalan hibah dan pembatalan wakaf. Perkara perceraian dan penetapan ahli waris juga banyak yang menggunakan jasa advokat. (ahru)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.