WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SELONG
PROFIL PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat profil, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong

on . Hits: 71

Banyaknya Gugatan Waris di Pengadilan Agama Selong

jadi waris3

Suasana sidang gugatan waris, Selasa (5/3/2019)

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Jumlah perkara gugatan waris di Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas IB tergolong banyak. Hal itu dikatakan salah seorang Hakim PA Selong, H. Fahrurrozi, SHI., MH., seusai memimpin sidang, kepada Tim PA Selong News, Selasa (5/3/2019).

“Sebelum bertugas di Lombok Timur, saya sudah sering mendengar bahwa PA Selong banyak menangani perkara gugatan waris. Setelah saya dilantik akhir Desember 2018 yang lalu, atau baru 2 bulan saya di sini, saya membuktikan sendiri PA Selong memang banyak sekali gugatan warisnya,” ujar Hakim asal Pati Jawa Tengah itu.

Selain banyak, lanjut Fahrurrozi, perkara gugatan waris di PA Selong juga memerlukan perhatian penuh, karena rata-rata pewarisnya sudah lama meninggal dunia, jumlah pihak beperkaranya banyak dan obyek sengketanya sudah berpindah-pindah tangan.

“Menghadapi banyaknya perkara gugatan waris, tidak jarang para hakim PA Selong harus pulang ke rumah pada malam hari. Dan sesampainya di rumah pun harus kembali membuka laptop untuk bekerja,” tuturnya.

Ditambahkannya, bahwa pemeriksaan perkara gugatan waris di ruang sidang menghabiskan waktu lama. Terkadang sidang harus berakhir hingga petang hari, bahkan malam hari. Dan proses penyelesaian satu perkara saja bisa memakan waktu panjang, sekitar satu tahun. Itu baru di tingkat pertama. Padahal, kebanyakan gugatan waris selalu ada upaya hukum banding, kasasi sampai peninjauan kembali.

Lebih lanjut, Fahrurrozi mengatakan bahwa akibat banyak perkara gugatan waris maka PA Selong sering melakukan pemeriksaan setempat (descente) untuk memperjelas obyek sengketa dan eksekusi untuk melaksanakan putusan pengadilan.

Ayah dari Fayad dan Ausam itu menilai, banyaknya perkara gugatan waris di PA Selong menunjukkan kesadaran hukum masyarakat Lombok Timur cukup tinggi. Masyarakat sadar bahwa jalan keluar manakala hartanya direbut atau dirampas oleh orang lain, adalah menempuh jalur hukum. Bukan main hakim sendiri dengan menggunakan kekerasan atau cara-cara anarkis.

jadi waris2

Suasana sidang gugatan waris, Selasa (5/3/2019)

Terkait dengan jumlah perkara, Panitera Muda Hukum PA Selong, Kasim, SH. menjelaskan bahwa jumlah perkara gugatan waris yang diterima PA Selong dari tahun ke tahun selalu tinggi.

“Perkara gugatan waris yang diterima PA Selong tahun 2012 berjumlah 80 perkara, tahun 2013 berjumlah 86 perkara, tahun 2014 berjumlah 94 perkara, tahun 2015 berjumlah 80 perkara, tahun 2016 berjumlah 69 perkara, tahun 2017 berjumlah 57 perkara dan tahun 2018 berjumlah 70 perkara,” paparnya. (ahru)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.