WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SELONG
PROFIL PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat profil, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong

on . Hits: 376

Baru 2 Tahun di PA Selong, Seorang Hakim Sudah Laksanakan Pemeriksaan Setempat Sebanyak 26 Kali

Majelis Hakim PA Selong sesaat setelah tiba di lokasi obyek sengketa, Jumat (1/3/2019)

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Seorang hakim Pengadilan Agama (PA) Selong sudah melaksanakan pemeriksaan setempat (descente) sebanyak 26 kali, padahal hakim tersebut baru bertugas di Lombok Timur selama 2 (dua) tahun. Hakim yang dimaksud adalah Dodi Yudistira, S.Ag., MH.

“Banyaknya pemeriksaan setempat di PA Selong disebabkan banyaknya perkara kebendaan. Hampir setiap hari Jumat selalu ada pemeriksaan setempat, bahkan terkadang lebih dari satu majelis melaksanakan pemeriksaan setempat di hari yang sama,” ujar Dodi sepulang dari pemeriksaan setempat di Desa Gunung Rajak Kecamatan Sakra Barat, kepada Tim PA Selong News, Jumat (1/3/2019).

Ditambahkannya, pemeriksaan setempat dilaksanakan terhadap perkara-perkara, antara lain gugatan kewarisan, gugatan harta bersama, gugatan pembatalan wakaf, gugatan pembatalan hibah dan permohonan izin poligami.

dodi

Dodi Yudistira, S.Ag., MH. di antara tanaman jagung

“Tujuan pemeriksaan setempat adalah supaya majelis hakim mengetahui dengan jelas dan pasti mengenai letak, luas dan batas obyek sengketa. Walaupun perkara itu berakhir dengan perdamaian, tetap harus dilaksanakan pemeriksaan setempat. Karena jangan sampai begitu dieksekusi, ternyata obyek sengketa itu tidak ada, atau tidak sesuai yang tertera dalam surat gugatan, atau telah dipindahtangankan kepada pihak lain,” terangnya. 

Lebih lanjut, Hakim asal Ciamis Jawa Barat yang dilantik di PA Selong pada 31 Januari 2017 itu memaparkan jumlah perkara yang diterima PA Selong berdasarkan laporan tahunan 2018.

“Seluruh perkara yang diterima PA Selong tahun 2018 mencapai 2008 perkara. Dari jumlah itu, gugatan kewarisan sebanyak 70 perkara, gugatan harta bersama 26 perkara, gugatan hibah 5 perkara dan permohonan izin poligami 2 perkara. Dari angka ini tergambar jumlah pemeriksaan setempat yang telah dan akan dilaksanakan,” terang Dodi yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Gontor.

WhatsApp Image 2019 03 01 at 14.26.27

Majelis Hakim sedang memeriksa obyek sengketa

Pemeriksaan setempat kali ini, sambungnya, memeriksa obyek sengketa kewarisan dalam perkara Nomor 532/Pdt.G/2018/PA.Sel., berupa tanah sawah seluas ± 61,10 are (6.110 meter persegi) dan tanah pekarangan seluas ± 18,17 are (1.817 meter persegi). Perkara tersebut diajukan oleh para penggugat berjumah 8 orang melawan para tergugat berjumlah 10 orang dan para turut tergugat berjumlah 14 orang. (ahru)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.