WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SELONG
PROFIL PENGADILAN AGAMA SELONG
Untuk melihat profil, silahkah Klik pada gambar
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah
APLIKASI SIPP
SIWAS
Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
APLIKASI EZ_Long
Aplikasi Android yang memudahkan anda mengakses segala informasi tentang berperkara di PA Selong

on . Hits: 50

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram Laksanakan PPKL di PA Selong

mahasiswa3

Ketua PA Selong menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Lombok Timur ǀ pa.selong.go.id

Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Jurusan Ahwal Al Syakhshiyah, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram melaksanakan Praktik Pengalaman Kerja Lapangan (PPKL) di Pengadilan Agama (PA) Selong, selama 45 hari terhitung sejak tanggal 25 Februari 2019.

Dalam acara pembukaan PPKL, Senin (25/2/2019), Ketua PA Selong, Drs. H. Gunawan, MH. menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa yang berjumlah 17 orang itu.

“Senang sekali, kami bisa menyambut anak-anak di sini. Kami ucapkan selamat datang di PA Selong,” ujarnya di aula PA Selong.

Ketua PA Selong kemudian mengenalkan sekilas mengenai institusi yag dipimpinnya. Antara lain, mekanisme kerja pengadilan, jumlah pegawai dan jam kerja.

“Di sini nanti, anak-anak akan ditempatkan di beberapa tempat, seperti kepaniteraan, kesekretariatan, arsip dan lain sebagainya. Setiap minggu akan bergantian tempatnya, sehingga anak-anak bisa mengenal dan mengetahui tata kerja sebuah pengadilan,” terangnya.

PPKL, menurut Ketua PA Selong, adalah wahana untuk mempraktikkan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah di dunia nyata atau lapangan.

mahasiswa2

Para mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Di tempat yang sama, Dosen Pamong, H. Fahrurrozi, SHI., MH. menyampaikan harapannya agar para mahasiswa Nahdlatul Wathan dapat memanfaatkan kegiatan PPKL dengan sebaik-baiknya.

“Harapan kami, selama PPKL di PA Selong, adik-adik mendapatkan sekurang-kurangnya dua hal. Pertama, adik-adik mengenal dunia kerja. Salah satu kesempatan kerja bagi sarjana di bidang Ahwal Al Syakhshiyah adalah pengadilan agama, maka kenali dan pelajari dari sekarang. Tidak mustahil salah seorang atau beberapa di antara adik-adik ini kelak menjadi hakim atau pegawai pengadilan,” pesannya.

Lebih lanjut, Hakim asal Pati Jawa Tengah itu berpesan agar para mahasiswa selama berada di PA Selong dapat memanfaatkan untuk menyiapkan judul skripsi.

“Sering kali mahasiswa lama selesai kuliahnya, lantaran lama menulis skripsi. Penyebab lamanya itu bisa jadi karena kesulitan mencari judul skripsi. Di sini, adik-adik bisa mempersiapkan bahan-bahan penulisan skripsi. Silakan skripsikan PA Selong. Banyak hal yang bisa diangkat sebagai obyek penelitian di sini. Ini harapan yang kedua,” tuturnya.

mahasiswa

Ketua PA Selong dan Dosen Pamong berfoto bersama mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Fahrurrozi mencontohkan perkara-perkara PA Selong yang bisa diangkat sebagai judul skripsi. Antara lain, perceraian dengan alasan menjadi TKI/TKW, permohonan izin poligami, dispensasi kawin karena anak perempuan hamil, gugatan hak asuh anak yang belum berumur 12 tahun, gugatan harta bersama, gugatan waris, wali adhal, pembatalan hibah dan pembatalan wakaf. (ahru)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Selong

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 200 Selong - Lombok Timur

Telp:  (0376) 21184

Fax: (0376) 22612

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.