Wakil Ketua PTA Palu: Siapa Yang Pernah Tugas di PA Selong Tak Akan Kesulitan Tugas di PA Manapun

Ketua PA Selong bersama Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. dan istrinya

Selong | pa-selong.go.id

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palu, Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. mengakui bobot dan kualitas perkara yang diterima Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas I-B. Pengakuan itu disampaikan saat berkunjung ke PA Selong, Kamis (7/2/2019).

Didampingi istrinya, Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. yang pernah menjabat Ketua PA Selong tahun 2008-2010 itu diterima oleh Ketua PA Selong, Drs. H. Gunawan, MH., di ruang kerjanya.

Orang nomor dua di PTA Sulawesi Tengah itu ternyata sudah kenal baik dengan Ketua PA Selong. Keduanya sama-sama pernah bertugas di wilayah Kalimantan Selatan. Saat itu, Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. menjabat Hakim Tinggi, sedangkan Drs. H. Gunawan, MH. menjabat Wakil Ketua PA Rantau.

“Siapa yang pernah tugas di PA Selong tak akan kesulitan tugas di PA manapun. Karena di PA Selong sudah terbiasa menghadapi perkara yang sulit,” kata Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. kepada Ketua PA Selong.

Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. mencontohkan tingkat kesulitan yang pernah dihadapi saat bertugas di PA Selong, antara lain banyaknya permohonan eksekusi.

“Di sini perkara sudah dieksekusi, mengajukan eksekusi lagi,” kenangnya.

Selain memuji perkaranya yang berkualitas, Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. memuji semangat kerja para pegawai di PA Selong.

“PA Selong enak. Kerja sama pegawainya bagus. Kekeluargaannya juga sangat akrab,” ujarnya.

Mantan Wakil Ketua PTA Manado itu juga menceritakan pengalamannya selama bertugas di Lombok Timur. Antara lain sewaktu mengajak 15 pegawai PA Selong melakukan studi banding ke PA Surabaya mengenai Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIADPA).

“Waktu itu baru awal-awalnya penggunaan SIADPA, kami 15 orang studi banding ke PA Surabaya. PA Selong menjadi yang pertama menggunakan SIADPA di wilayah PTA NTB. Satu per satu PA lalu studi banding ke sini,” kenangnya.

Sepulang Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH., Ketua PA Selong mengatakan bahwa mantan Panitera/Sekretaris PA Dili Timor Timur itu memiliki kepribadian yang supel, ramah, peduli, suka menolong dan mudah bergaul sehingga cepat akrab dengan siapa saja.

Apa yang disampaikan Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. soal bobot perkara PA Selong juga dibenarkan orang nomor wahid di pengadilan yang wilayah hukumnya mencakup seluruh Kabupaten Lombok Timur itu.

“Selama tahun 2018, perkara yang diterima PA Selong mencapai 2008 perkara. Yang waris mencapai 70 perkara. Ada 16 perkara banding, kasasi 11 perkara, peninjauan kembali (PK) 4 perkara dan permohonan eksekusi ada 9 perkara,” pungkas Ketua PA Selong.

Selain mengunjungi PA Selong, kedatangan Drs. H. Izzuddin HM, SH., MH. ke Lombok Timur adalah untuk bertakziah ke rumah Dra. Hj. Naily Zubaidah, SH. guna menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya H. Abd. Kabir, SH., MH. beberapa hari yang lain. (ahru)