Pelantikan Tiga Hakim Pengadilan Agama Selong Kelas 1B

(Foto : Pelantikan Hakim Baru Pengadilan Agama Selong)

Ketua Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas IB, Drs. Akhmad Abdul Hadi, SH., MH. melantik tiga hakim baru, Rabu (26/12/2018). Mereka yang dilantik adalah Abubakar, SH. yang sebelumnya bertugas di PA Sumbawa Besar, H. Fahrurrozi, SHI., MH. yang sebelumnya bertugas di PA Mempawah dan Apit Farid, SHI. yang sebelumnya bertugas di PA Sengeti.

( Foto : Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Selong)

Bertempat di Ruang Sidang Utama, pelantikan dihadiri oleh seluruh hakim dan pegawai PA Selong serta beberapa anggota Dharmayukti Karini Cabang Selong, dan dimulai pada pukul 11.00 WITA dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

(Foto : Pembacaan Petikan Putusan)

Sebelum pelantikan dilakukan, terlebih dulu dibacakan Petikan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 251/KMA/XI/2018 tentang promosi dan mutasi hakim tinggi, ketua, wakil ketua dan hakim pada lingkungan Peradilan Agama.

(Foto : Pembacaan kata-kata pelantikan Oleh Ketua Pengadilan Agama Selong)

Ketua PA Selong kemudian membacakan kata-kata pelantikan yang intinya bahwa pada hari Rabu (26/12/2018) Ketua PA Selong secara resmi melantik Abubakar, Fahrurrozi dan Apit Farid sebagai hakim PA Selong.

(Foto : Perkenalan Hakim  Abubakar, S.HI)

Setelah itu, masing-masing dari hakim yang baru dilantik diberi kesempatan memperkenalkan diri. Mendapat kesempatan pertama, Abubakar menyampaikan bahwa ia lahir di Bima dan bertempat tinggal di Mataram. Ia mengaku sudah mengenal sebagian besar pegawai PA Selong.

(Foto : Perkenalan Hakim Fahrurrozi, S.HI.,MH)

Fahrurrozi yang mendapat giliran berikutnya mengungkapkan kebanggaannya bisa menjadi bagian dari PA Selong.

“Sudah lama saya mendengar kebesaran nama PA Selong. Yaitu pengadilan di Indonesia yang banyak menangani perkara waris. Melihat bobot dan kualitas perkara yang ditangani, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa PA Selong adalah tangga menuju hakim agung,” ujar pria kelahiran Pati Jawa Tengah, yang disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

(Foto : Perkenalan Hakim Apit Farid, S.HI)

Perkenalan selanjutnya disampaikan oleh Apit Farid. Ia mengatakan pertama kali mendengar nama PA Selong dari teman hakim seangkatannya, Basarudin, yang dulu pernah bertugas di PA Selong.

“Sejak diklat cakim, saya mendengar nama PA Selong dari Pak Basarudin. Maka, begitu saya mendapat kabar akan dimutasi ke PA Selong, yang terlintas di benak saya saat itu adalah Pak Basarudin,” tuturnya.

Pria kelahiran Tasikmalaya Jawa Barat itu mohon diterima sebagai bagian dari keluarga besar PA Selong, dan mohon bimbingan selama melaksanakan tugas dan bila ada yang kurang atau salah, mohon dikoreksi dan ditegor.

Seusai perkenalan hakim-hakim baru, Ketua PA Selong menyampaikan kata sambutan. Orang nomor wahid di PA Selong itu mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di PA Selong.

(Foto : Ketua Pengadilan Agama Selong Menyampaikan Sambutan)

Ketua PA Selong memaparkan banyak hal terkait dengan kondisi di PA Selong. Antara lain mengenai banyaknya perkara dan beragam jenisnya.

“Tidak hanya banyak dan beragam. Perkara di sini sangat berkelas. Saya pernah bertugas di tempat lain, hari Jumat saya bawa pulang 40 perkara, hari Senin putusannya sudah jadi. Tapi di sini, saya perlu tiga minggu untuk menyelesaikan putusan waris. Ini baru satu perkara,” katanya penuh semangat.

( Foto : Pemberian Ucapan Selamat Kepada Para Hakim Baru)

(Foto: Bersama Hakim dan Para Pegawai Pengadilan Agama Selong)

Prosesi pelantikan ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada hakim-hakim yang baru dilantik. (ahru)