Ketua MA Melepas Dua Orang Utusan Hakim ke Khartoum University

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, S.H., M.H. memberikan pembekalan di ruang kerjanya kepada utusan hakim yang akan mengikuti pendidikan S3 di Faculty of Law of Khartoum University, Sudan pada Senin (17/7) siang.

“Jaga nama baik lembaga MA RI sekaligus nama baik negara di luar negeri. Tunjukkan sikap dan prilaku yang bermartabat sebagai seorang hakim disana,” ujar Ketua MA.

Pemberangkatan dua orang hakim Drs. H. Abdurrakhman M, SH., MH. (Hakim Yustisial Litbang Kumdil) dan Toha Marup, S.Ag., MA (Hakim PA Kota Tasikmalaya) untuk mengikuti pendidikan S3 di Sudan merupakan angkatan pertama sejak ditandatangani Nota Implementasi MoU antara MA RI dan MA Republik Sudan pada tahun 2016 yang lalu di Jakarta.

Dikabarkan dua orang utusan hakim tersebut sampai di bandara internasional Khartoum pada hari Rabu (19/7) pukul 15.15 waktu setempat.

Kedua orang utusan disambut langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Sudan Prof. Dr. Haydar Dafallah dan ditempatkan di Gedung Dar El Qadha Khartoum Sudan.

Sementara itu di tempat terpisah Dirjen Badilag Dr. H. Abdul Manaf, MH di ruang kerjanya pada Kamis (20/7) pagi mengungkapkan bahwa lembaganya akan terus mendorong pengembangan SDM Hakim dengan mengikuti pendidikan S3 baik di dalam maupun di luar negeri.

“Tahun depan kita akan berangkatkan lagi dua orang utusan hakim untuk melanjutkan pendidikan S3 di Faculty of Law of Khartoum University,” ungkap Dirjen.

[Ibnu AR]